Wabup Sutjidra Puji Ramuan Obat Tradisional Bontihing

  • Admin Bulelengkab
  • 12 Maret 2018
  • Dibaca: 111 Pengunjung

Lomba Desa Tingkat Kabupaten Buleleng pada Evaluasi Perkembangan Desa Tahun 2018 menuju ke Desa Bontihing Kecamatan Kubutambahan yang merupakan penilaian ke- 7. Kegiatan berlangsung di Wantilan Perama Budaya Bontihing pada hari Senin, (12/3).

Perbekel Desa Bontihing I Gede Ardika dalam laporannya menerangkan bahwa Desa Bontihing berpenduduk 509 jiwayang terbagi atas 3 banjar yaitu banjar dinas kanginan, banjar dinas kawanan dan banjar dinas rendetun dengan luas wilayah desa 553 km. Selain itu, Gede Ardika juga melaporkan di desanya banyak memiliki potensi yang sangat baik di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Dijelaskan diantaranya, komoditas padi yang melimpah, berbagai komoditas perkebunan seperti coklat, rambutan dan yang merupakan produk unggulan adalah komoditas durian. Dimana jumlah pohon durian di Desa Bontihing sebanyak 1.530 pohon dengan produktivitas produksi sebesar 15 ton per tahun. Di bidang peternakan terdiri dari 450 ekor sapi, 2.000 ekor babi, 10.000 ekor ayam dan bebek sebanyak 1.500 ekor.

Sementara itu, Bupati Buleleng yang diwakili oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG dalam sambutannya meminta kepada Perbekel Bontihing untuk bisa berinovasi, dan berkreasi dalam memimpin desa sehingga berdampak kepada kemajuan desa  dan kesejahteraan masyarakat. Wabup Sutjidra juga memuji hasil dari UKM Desa Bontihing terutama olahan ramuan obat tradisional yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun diminta untuk tidak menggunakan campuran gula, melainkan menggunakan madu agar khasiatnya lebih bagus lagi. 

Dipenghujung sambutannya, Wabup Sutjidra menyempatkan diri mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1940 kepada seluruh masyarakat Bontihing, semoga dalam menjalani catur brata penyepian dapat berjalan dengan baik, aman dan tertib. (Agst)

Share Post :