Wabup Sutjidra Apresiasi Kinerja Perbekel Sumberkima

  • Admin Bulelengkab
  • 07 Maret 2018
  • Dibaca: 88 Pengunjung

Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng ke-5 menyasar wilayah Kecamatan Gerokgak, tepatnya Desa Sumberkima yang merupakan desa terpilih untuk dinilai pada Evaluasi Perkembangan Desa Tahun 2018 pada hari Rabu, (7/3) bertempat di Gedung Serba Guna Desa Sumberkima.

Desa Sumberkima dengan luas wilayah 7.540.000 M² berpenduduk 9.712 jiwa yang terbagi atas 2.627 KK merupakan desa yang kaya akan berbagai macam potensi, mulai dari pariwisata, pertanian/perkebunan, peternakan dan kerajinan. Perbekel Desa Sumberkima I Nengah Wirta menerangkan hal tersebut dalam laporannya. Salah satu potensi wisata yang sedang “viral” di Desa Sumberkima adalah pesona keindahan Gili Putih. Sudah ratusan wisatawan mengunjungi tempat tersebut, namun masih terkendala keberadaan dermaga dan fasilitas penunjangnya. Selain itu, Dilaporkan pula alokasi keuangan desa tahun 2017 secara terperinci oleh Nengah Wirta, Pendapat desa sebesar Rp. 3.037.630.251,- dan realisasinya sebesar Rp. 2.967.413.254,- yang dipergunakan untuk rabat beton jalan desa, paving halaman kantor desa, pembangunan MCK untuk rumah tangga miskin, pemberian sembako untuk lansia dan pemberian beasiswa bagi siswa misikin berprestasi.

Sementara itu, Bupati Buleleng yang diwakili oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG menyempatkan diri melihat berbagai jenis hasil produksi Desa Sumberkima, khususnya olahan minuman “Jamu”. Wabup Sutjidra membagikan jamu tersebut kepada seluruh Perbekel se-Kecamatan Gerokgak dan Kepala SKPD lingkup Pemkab Buleleng sembari menyerukan untuk selalu menjalani pola hidup sehat. Dalam sambutannya, Wabup Sutjidra berikan apresiasi kinerja Perbekel Sumberkima atas kerja kerasnya dalam membangun desa, terlebih lagi dalam penyampaian penyerapan alokasi dana desa yang sangat terperinci. Wabup Sutjidra meminta kepada Kepala SKPD terkait untuk segera melakukan koordinasi kepada pihak desa terkait permasalah yang ada, baik di bidang pariwisata, pertanian, peternakan dan kerajinan di Desa Sumberkima. Dengan kerjasama dan sinergitas yang baik, diharapkan kedepannya masyarakat Desa Sumberkima lebih sejahtera. (Agst)

Share Post :