WABUP BUKA UTSAWA MERDANGGA ANGKLUNG KEBYAR

  • admin_bulelengkab
  • 24 Oktober 2017
  • Dibaca: 273 Pengunjung

Angklung kebyar mebarung dalam tajuk Utsawa Merdangga Angklung Kebyar se- Kabupaten Buleleng digelar di Eks-Pelabuhan Buleleng,23/10. Pembukaannya dilakukan oleh Wakil Bupati Buleleng,dr.Nyoman Sutjidra,Sp.OG. Dalam kesempatan memberi sambutan, Wabup meminta agar di tahun depan, hadiah dan uang pembinaan bagi peserta ditingkatkan.

Terkait perhelatan itu, Wabup mengapresiasi baik karena selama ini, gong angklung seakan tersisihkan dikarenakan kepopuleran gong kebyar. Kini gong angklung diangkat dalam suatu kegiatan utsawa yang diikuti semua perwakilan kecamatan. “Ini baru pertama kali, gong angklung difestivalkan,” ucap Wabup yang memberi sambutan mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Karenanya kedepannya, agar gong angklung terus dikembangkan sehingga tidak hanya berfungsi dalam kegiatan upacara pitra yadnya, juga bisa dikembangkan menjadi kesenian hiburan karena memakai pola kebyar yang meriah dengan kreasi bebas.

Dalam laporannya, Kadis Kebudayaan Putu Tastra Wijaya mengatakan, masing-masing sekehe akan menyajikan 4 nomor pertunjukan, yaitu dua nomor tabuh klasik dan kreasi, dua nomor tabuh dengan tari khas Buleleng. Mengenai hadiah juara satu mendapat uang pembinaan sebanyak Rp.12,5 juta, juara dua mendapat Rp.10 juta, dan juara tiga mendapat Rp.7,5 juta. Sementara itu masing-masing sekehe mendapat uang pembinaan sebanyak Rp.24 juta, serta sekehe pendamping mendapat uang pembinaan Rp.15 juta.

Kegiatan Utsawa Merdangga Angklung Kebyar berlangsung selama 5 hari, dari 23 – 27Oktober di Pelabuhan Buleleng dari pk.19.30 wita. (st)


Share Post :