Tingkatkan Kontribusi Pariwisata Buleleng, Tahun Depan BADAS Siap Dibangun

  • Admin Bulelengkab
  • 21 Mei 2019
  • Dibaca: 113 Pengunjung

Dibangunnya Kantor Bank Data Arsip Statis (BADAS) tahun depan menjadi langkah strategis dalam memberikan kontribusi terhadap pariwisata melalui data arsip yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Buleleng. Hal itu disampaikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST dalam acara Peringatan Hari Kearsipan Tahun 2019 “Semarak Pariwisata Buleleng” yang dirangkaikan dengan Launching BADAS di Kecak Hall Banyualit Spa n Resort, Selasa, (21/5).

Dalam sambutannya, Bupati yang akrab disapa PAS itu juga menerangkan bahwa sesuai tema hari kearsipan ke-48 tahun 2019 khususnya di Kabupaten Buleleng “Semarak Pariwisata Buleleng Melalui Bank Data Arsip Statis (BADAS)” Pemkab Buleleng  berinovasi untuk mengembangkan informasi arsip statis yang memiliki nilai sejarah dan kenangan di Kabupaten Buleleng secara online yang bisa diakses oleh pengguna, sehingga dengan terkelolanya arsip statis yang bernilai sejarah berbasis teknologi mampu menyelamatkan dan melestarikan arsip agar terjaganya warisan budaya nusantara untuk menjadi daya tarik pariwisata di Buleleng. Dengan perkembangan informasi teknologi sangat diperlukan layanan informasi sistem DILAN atau digital yang melayani untuk mempercepat akses bagi pengguna atau masyarakat. 

Terkait dengan Peringatan Hari Kerasipan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng sebelumnya telah menggelar lomba kearsipan antar SKPD Lingkup Pemkab Buleleng dan antar desa Se- Kabupaten Buleleng. Sehubungan dengan hal itu, dalam acara Hari Kearsipan juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba kearsipan oleh Bupati PAS.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng dr. Ni Made Sukarmini,MAP selaku Ketua Panitia dalam acara tersebut menyampaikan maksud dari kegiatan ini untuk pembenahan di berbagai aspek seperti kebijakan, organisasi, serta sumber daya manusia kearsipan, sarana dan prasarana, pengelolaan arsip, dan pendanaan di bidang kearsipan. Disamping itu juga, bertujuan untuk meningkatkan penerapan pengelolaan kearsipan dan sumber daya manusia kearsipan dengan kopetensi ilmu kearsipan guna mendukung penyelenggaraan kearsipan, peningkatan tertib pengelolaan arsip dinamis untuk menjaga keutuhan informasi arsip secara professional dan modern, melestarikan arsip yang memiliki nilai guna sekunder dan menyelamatkan arsip yang mempunyai nilai sejarah sehingga dapat memberikan informasi yang luas kepada generasi yang akan datang. 

Dalam acara itu juga hadir Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Dr. Drs. Mustari Irawan, MPA. Pihaknya mengungkapkan dengan perkembangan teknologi informasi, mudah-mudahan menguatkan data arsip untuk kebutuhan informasi khususnya di Kabupaten Buleleng statisnya secara Nasional. Oleh karena itu, apapun yang diarsipkan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng bisa di lihat dimana saja. 

Selanjutnya, Mustari Irawan didampingi Bupati PAS, Kadis Arsip dan Perpustakaan Provinsi Bali Luh Putu Haryani, SE, MM, Kadis Made Sukarmini secara resmi melaunching BADAS.

Turut hadir pada acara itu, Asisten I Setda Kabupaten Buleleng I Putu Karuna, SH, Asisten III Setda Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd, Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng, Camat, Perbekel/Lurah Se-Kabupaten Buleleng, serta tokoh masyarakat di Kabupaten Buleleng. (wir) 





Share Post :