Tim Pusat Lakukan Penilaian dan Verifikasi Perpustakaan Pelangi Desa Patas

  • Admin Bulelengkab
  • 20 Juli 2017
  • Dibaca: 296 Pengunjung

Dalam rangka promosi dan pemberdayaan gemar membaca, Tim Pusat Penilai Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Tingkat Nasional menggelar kunjungan ke Perpustakaan Pelangi Desa Patas pada hari Rabu,(19/7).

Kunjungan Juri lomba dimaksud terkait Penilaian dan Verifikasi Perpustakaan Pelangi Desa Patas mewakili Bali masuk dalam lima besar Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Nasional. Perbekel Desa Patas Gede Subrata dalam laporannya menerangkan bahwa perpustakaan pelangi berdiri sejak 2 Mei 2008 sesuai dengan Keputusan Desa Nomor 7 Tahun 2008. Jumlah anggota perpustakaan sebanyak 275 orang, jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan pelangi sebanyak  6.024 eksemplar. Selain itu, Subrata juga menerangkan bahwa perpustakaan pelangi juga melakukan prorgam perpustakaan seru dengan melakukan kegiatan perpustkaan keliling ke sekolah-sekolah dan masyarakat di Kecamatan Gerokgak. Dampak positif terhadap masyarakat Desa Patas akan adanya perpustakaan pelangi, antara lain terbentuknya kegiatan-kegiatan pendidikan seperti pelatihan kursus bahasa inggris.

Sementara itu, dalam sambutan Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG menerangkan dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat, serta menunjang pelaksanaan pendidikan nasional, perlu dikembangkan salah satu sumber belajar bagi masyarakat dalam bentuk Perpustakaan Desa/Kelurahan. Perpustakaan Pelangi Desa Patas salah satunya hadir dalam kepedulian sebagai wujud darma bhakti kepada Bangsa dan Negara. Wabup Sutjidra juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali atas kerjasama, bantuan dan pembinaannya. Terima kasih pula disampaikan kepada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atas kepercayaan yang diberikan kepada Perpustakaan Pelangi Desa Patas untuk mewakili Bali berkompetisi di Tingkat Nasional menuju grand final. Sutjidra berharap Perpustakaan Pelangi mampu bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tk. Nasional Samsul Bahri memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam keberhasilan Perpustakaan Pelangi Desa Patas masuk dalam 5 besar  kelompok A. Persaingan kedepan sangatlah berat, karena 4 daerah lain juga merupakan Perpustakaan Terbaik, yaitu Desa di Yogyakarta, Desa di Jawa Tengah, Desa di Jawa Barat dan Desa di Sulawesi Selatan. Samsul Bahri juga menyatakan kebanggaanya terhadap Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam bentuk kerjasama yang sangat baik untuk hadir dalam acara dimaksud. Seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Gerokgak hadir mendukung Perpustakaan Pelangi Desa Patas dan juga menampilkan mobil unit perpustakaan.

Selanjutnya, Samsul Bahri beserta timnya didampingi Wabup Sutjidra dan Sekretaris Daerah Buleleng Dewa Puspaka mengujungi Perpustakaan Pelangi dan berinteraksi dengan anak-anak. (Agst).

Share Post :