Sembiran Dinilai, Wabup Sutjidra Minta Tim Pendamping Desa Berikan Informasi Tepat dan Jelas

  • Admin Bulelengkab
  • 21 Mei 2019
  • Dibaca: 700 Pengunjung

Setelah menjuarai Lomba Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng, kini Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula melaju ke Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi yang penilaiannya berlangsung di Wantilan Desa Sembiran, Selasa, (21/5).

Masyarakat Sembiran sangat antusias menyambut kedatangan rombongan Tim Penilai dari Provinsi Bali yang diketuai Putu Anom Agustina, S.Ip.,M.Si yang juga merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali.

Dalam kesempatan itu hadir Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang dalam sambutannya menerangkan potensi-potensi yang dimiliki Desa Sembiran. Lebih lanjut dijelaskan bahwa potensi-potensi yang ada telah mampu dikembangankan dengan baik dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Sembiran.Melihat dari keberhasilan itu, Wabup Sutjidra menyimpulkan Desa Sembiran dapat disejajarkan dengan desa yang sudah maju di Kabupaten Buleleng. Selain itu, diminta juga kepada tim evaluasi perkembangan desa tingkat Provinsi Bali untuk melaksanakan penilaian secara objektif sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. "Tim pendamping Desa harus memberikan informasi dengan tepat dan jelas, sehingga kedepan Desa Sembiran dapat menyempurnakan kinerja Pemerintahan dalam membangun desa," tutup Wabup Sutjidra.

Sementara itu, Kadis Putu Anom Agustina,S.Ip.,M.Si dalam sambutannya menjelaskan, tujuan dari lomba desa adalah untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong penguatan peran lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan, memberi penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat desa atas prestasi yang telah diraih dalam proses pemerintahan dan partisipasi dalam pembangunan serta inovasi-inovasi sebagai langkah untuk mewujudkan “Bali Smart Island”. 

Anom Agustina juga meminta agar lomba desa bukan dijadikan beban, melainkan untuk langkah konkrit memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Semoga melalui lomba desa ini akan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat kita untuk senantiasa menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya, agar dapat tercapainya tujuan Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” Ujarnya. (Agst).



Share Post :