RRI Gelar Drama Gong Sukreni Gadis Bali

  • admin_bulelengkab
  • 31 Juli 2017
  • Dibaca: 335 Pengunjung

Kejayaan drama gong mulai meredup. Banyak kelompok drama gong tidak terdengar lagi kelanjutannya. Jumlah pementasannnya pun terbilang langka. Terkait ini dalam rangka Gelar Kreatifitas Budaya 2017, RRI Singaraja menggelar kesenian drama gong dengan tema “Mengejar Kejayaan Drama Gong Bali Utara.” Kelompok drama gong yang ditampilkan adalah Sanggar Kampung Seni Banyuning dengan lakon Sukreni Gadis Bali. Dalam pementasan yang berlangsung di Puri Seni Sasana Budaya,27/7, malam, selama dua jam, pementasan menampilkan sejumlah pemain drama gong lawas berkolaborasi dengan pemain muda. Hasilnya pementasan mendapat sambutan bagus dari penonton yang memadati gedung kesenian meskipun hujan gerimis membayangi.

Bupati Buleleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kadis Kebudayaan Putu Tastra Wijaya menyambut baik pagelaran itu, dan berharap kedepannya RRI Singaraja terus melakukan pagelaran yang sama sehingga seni budaya Buleleng tetap lestari dan berkembang. Terlebih saat itu, yang disajikan tidak hanya drama gong, juga tarian klasik Buleleng yang berjudul Palawakya.

Direktur Utama RRI Pusat yang diwakili oleh Ricard Poyk mengharapkan program-program budaya yang digelar secara berkelanjutan oleh RRI Singaraja mendapat sambutan dan dukungan dari semua pihak terkait sehingga program itu dapat berkelanjutan, juga lebih bervariasi. Acara budaya yang digelar RRI Singaraja berlangsung secara on dan off air itu diharapkan juga bermanfaat untuk Buleleng.

Tampil sebelum drama gong dimulai, menarikan tari Palawakya, penari cilik dari Banyuning, Cika. Meski masih sekolah SD namun penari ini mampu menarikan tarian yang tergolong sulit. (st)


Share Post :