PKB dan Buleleng EXPO Dibuka, Gong Wanita Uma Jero Mebarung Dengan ISI

  • admin_bulelengkab
  • 18 Mei 2019
  • Dibaca: 323 Pengunjung

Atraksi seni mebarung sampai kini masih menjadi tontonan primadona bagi masyarakat. Hal ini terlihat pada malam pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) Kab.Buleleng ke-41 di eks Pelabuhan Buleleng,17/5. Pada malam cerah itu tampil mebarung sekehe gong kebyar wanita Sanggar Seni Wahana Santhi dari Desa Umajero Ke.Busungbiu dengan Gong Kebyar Wanita ISI Denpasar. Ketika mc membacakan acara mebarung itu, spontan tepuk aplaus ribuan penonton yang memadati  panggung menyambutnya. Terlebih ketika dua sekehe itu menyajikan atraksinya.

Sebelum ditampilkan sajian atraksi seni gong mebarung, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana bersama Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra serta sejumlah pimpinan SKPD dan undangan utama lainnya mengitari stand kuliner khas Buleleng, lanjut membuka Buleleng Expo ke-3 yang lokasinya berada di gedung Mr.Puja. Buleleng Expo diikuti oleh peserta antara lain dari perwakian India, Kaltim dan  Jombang. Dalam kesempatan itu, Bupati Buleleng dengan perwakilan dari Kalimantan Timur Kabupaten Berau tukar menukar cindera mata. Selanjutnya acara berlangsung di panggung PKB melakukan penandatanganan kerjasama pariwisata se- kabupaten/kota se-Bali, lanjut penandatangannan kerjasama antara Bupati Buleleng dengan Rektor ISI Denpasar. Sesudah itu, pembukaan Pesta Kesenian Bali Buleleng yang dilakukan oleh Bupati Buleleng dengan cara memukul gong.

Bupati Buleleng dalam sambutan tertulis yang yang dibacakan Wakil Bupati  menyatakan melawati kegiatan PKB Buleleng ke -41 dirasakan masyrakat dan seniman telah menemukan kembali kejayaan keseniannya, dan adanya upaya keras untuk melestarikan seni budaya Bali yang unik dan terkenal. Diharapkan keasilan, kearifan dan filosofi Bali dan khususnya Buleleng tidak hanya dilestarikan dalam perhelatan PKB, tetapi agar terus dikembangkan.

Turut memeriahkan pembukaan Buleleng Expo ke- 3 dan PKB Buleleng ke-41 adalah tarian penyambutan kesenian dari Kalimantan Timur dan tarian dari Konjen India.(st) 


Share Post :