Pidato Pertama Setelah Dilantik, Bupati Harapkan Pembangunan Bandara dan Jalan Tol Dipercepat

  • admin_bulelengkab
  • 29 Agustus 2017
  • Dibaca: 227 Pengunjung

Setelah dilantik Gubernur Bali di kantor Gubernur Bali pada tanggal 27 Agustus lalu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyampaikan pidato pertamanya dalam Sidang Paripurna DPRD Buleleng,29/8, di ruang sidang DPRD Buleleng.

Dalam pidato yang dihadiri semua anggota dewan, Muspida serta para undangan, Bupati menyatakan terimakasih kepada masyarakat sehingga kembali terpilih memimpin Buleleng menjadi Bupati dan Wakil Bupati Buleleng periode 2017-2022. Selain itu, Bupati menyampaikan penghargaan kepada KPU,PANWAS, Pimpinan partai politik,Kepolisian dan TNI serta semua pihak terkait sehingga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng berjalan lancar, tertib dan aman.

Lebih jauh Bupati menyatakan pertumbuhan ekonomi Buleleng di tahun 2016 berada dikisaran 6,01% dimana angka ini berada di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional yang berada pada angka 5,02%. Sementara itu terkait program kesehatan, daya beli dan angka harapan hidup masyarakat Buleleng, capaian indeks pembangunan manusia Kabupaten Buleleng pada tahun 2016 mencapai 70,65 atau mengalami peningkatan sebesar 2,36. “Dengan demikian capaian IPM kita berada di atas capaian IPM Nasional sebesar 70,18. Selain itu, dalam program pengentasan kemiskinan, pada tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 0,95 % dari tahun 2015 sebesar 6,74%. “ Prosentase angka kemiskinan di Buleleng masih berada di bawah angka kemiskinan nasional yang berada di kisaran angka 10,70%.

Dalam kesempatan itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana juga mengakui secara kuantitas Buleleng memiliki jumlah penduduk miskin cukup tinggi, namun kalau dilihat dari segi prosentase Buleleng menduduki peringkat ke-empat di Bali. Ini berarti program pengentasan kemiskinan di Buleleng memberikan kontribusi pada penurunan angka prosentase penduduk miskin di Buleleng. “Kita menyadari penuntasan kemiskinan tidak bisa dilakukan secara parsial tetapi harus komprehensif antar semua pihak,” ucapnya. Oleh karena itu, lanjutnya, pada masa jabatannya bersama Wakil Bupati Nyoman Sutjidra dalam lima tahun kedepan akan senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat dalam menuntaskan kemiskinan.

Bupati murah senyum ini juga menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Provinsi Bali, dalam hal memperkecil ketimpangan pembangunan Bali Utara dengan Bali Selatan sampai saat ini belum terealisasi sebagaimana diharapkan. Untuk itu, diharapkan, isu pembangunan bandara internasional dan pembangunan jalan termasuk jalan tol, agar lebih cepat terwujud sehingga berdampak langsung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Buleleng.

Usai acara mendengarkan pidato Bupati, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan ramah tamah dengan semua undangan dan peserta sidang.(st)

 


Share Post :