Penanggulangan Kanker Di Buleleng Dinilai

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Oktober 2012
  • Dibaca: 1031 Pengunjung

Salah satu masalah kanker karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan dan deteksi dini kanker sehingga kebanyakan penderita kanker ditemukan pada stadium lanjut. Terkait itu program Penanggulangan Kanker di sekolah-sekolah menjadi penting sebagai wahana informasi sejak dini. Demikian dikatakan Bupati Buleleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten II Ir.Nyoman Suryawan Assisten ketika menghadiri penilaian Lomba Penanggulangan Kangker Terpadu Paripurna Tk.Proponsi pada hari Kamis (25 Oktober) di SMPN II Singaraja.

   Penilaian Penanggulangan Kangker untuk Kabupaten Buleleng menyasar sekolah SDN 4 Pemuteran , SMPN II Singaraja , dan SMAN I Singaraja. Nyonya Mangku Pastika selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia Prop.Bali yang membuka penilaian di kabupaten Buleleng mengatakan penyebab penyakit kanker adalah pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan pola makan yang tidak sehat. Diharapkan dengan mensosialisasikan pengetahuan mengenai penanykit kangker di sekolah-sekolah akan terjadi pencegahan sejak dini untuk kemudian dilanjutkan ke keluarga dan lingkungan sekitar.

   Program penanganan kanker terpadu di Bali sudah dimuali sejak tahun 2006 dan kegiatan lomba seperti ini rutin dilakukan setiap tahun.(st)

Share Post :