Pembangunan Bandara Tahun depan

  • Admin Bulelengkab
  • 12 Januari 2012
  • Dibaca: 11155 Pengunjung

Pembangunan bandara bertaraf internasional di Buleleng rupanya mendekati final. Peletakan batu pertama pembangunan bandara itu dilakukan pada tahun ini, ungkap Bupati Putu Agus Suradnyana ST ketika bertemu dengan sejumlah wartawan di rumah jabatannya pada hari Kamis (3/1). Kemudian tahun 2014 pembangunannya dimulai. Namun demikian masalah lokasi bandara, diperkirakan baru bisa dipastikan bulan depan.  “ Rencananya bulan depan Menteri Perhubungan akan mengumumkan persetujuan lokasi bandara “ jelas Bupati. Kepastian penetapan lokasi ini, lanjut Bupati,  dikatakan dan dibenarkan oleh Presiden Komisaris Angkasa Pura yang hadir di Buleleng bersama Direktur Angkasa Pura.

Sesudah mendapat penetapan lokasi dari Departemen Perhubungan berdasarkan kajian  yang berhubungan dengan aeronautika, pihak Pemkab Buleleng akan bersurat pada Gubenur Bali untuk diadakan penyesuaian lokasi  dengan peraturan daerah Bali no.16 th.2009  tentang RTRW Bali menyangkut keberadaan bandara, lalu lanjut melakukan rapat dengan DPRD Bali. Selanjutnya, Bupati akan mengambil langkah pengamanan lokasi dengan melarang jual beli  tanah di lokasi tersebut. Untuk itu semua notaris di Buleleng akan dikumpulkan untuk mengetahui pelarangan jual beli tanah di lokasi tersebut. Larangan ini, tegasnya,untuk menghindari calo.

Selain itu, papar Bupati, untuk pembebasan lahan, Bupati mengajukan rencana yang bertujuan melindungi pemilik tanah. Untuk setiap hektar tanah pemilik, hanya setengah yang dibebaskan, sedangkan setengahnya tetap dimiliki untuk kepentingan jalan dan sebagainya. “ Model ini direncanakan setelah melihat sejumlah kasus dalam pembangunan bandara di sejumlah daerah , dimana pemilik tanah hanya menjadi penonton dari pembangunan itu karena uangnya sudah habis  dibelanjakan,” jelasnya.
Dari data dilapangan terhimpun, pembangunan bandara internasional di Buleleng sudah masuk dalam program nasional dan model bandaranya menyerupai bandara di Lombok.

Share Post :