Panen Perdana Uji Coba Budaya Udang di Sangsit

  • Admin Bulelengkab
  • 05 Januari 2012
  • Dibaca: 1272 Pengunjung

Potensi laut Buleleng memang besar, namun belum semua dimanfaatkan. Salah satu yang memanfaatkannya adalah PT TOP yang bersinergi dengan Pemkab.Buleleng untuk membudidayakan udang vanamea dengan metode aquapond di perairan PPI Sangsit. Pemanfaatan yang dimulai sekitar Juli 2012 lalu masih dalam tahap uji coba. Panen perdana hasil uji coba itu dilakukan pada hari Jumat (4/1) yang dipantau oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana ST.

Dengan menaiki boat kecil Bupati bersama Wakil Bupati dr. Nyoman Sutjidra Sp.OG, Sekda dan ketua TP PKK Buleleng Nyonya Aries Suradnyana serta Wakilnya Nyonya Sutjidra, yang didampingi oleh Kadis Kanla Buleleng Nyoman Sutrsina, meluncur ke lokasi aquapond yang cukup jauh dari pinggir pantai untuk melihat para penyelam memanen udang.

Dalam kesempatan itu Bupati Putu Agus Suradnyana mengharapkan nantinya keberhasilan PT TOP dalam mengembangkan budi daya udang itu juga dapat mengedukasi para petani di Buleleng sehingga bisa ikut melakukan budidaya udang. Menurut Bupati, pembudidayaan udang di dalam laut yang mencapai tiga puluh meter dari permukaan laut yang menggunakan metode aquapond untuk tingkat dunia, baru dua yang melakukan, Buleleng dan Meksiko. aquapond sangat dalam, tidak mengganggu aktivitas nelayan setempat. Bahkan , menurut Kadis Perikanan dan Kelautan Nyoman Sutrisna, kegiatan budidaya udang itu memberikan dampak positif pada nelayan karena efek aquapond itu menyerupai rumpon yang mendatangakan banyak ikan sehingga nelayan lebih dekat menangkap ikan.

Menurut Direktur PT TOP ,Curcil, dipilihnya perairan Sangsit dalam melakukan budidaya udang dikarenakan kondisi lautnya bagus, bersih. Sedangkan seluruh tenaga yang dilibatkan adalah warga Buleleng. Untuk saat ini, hasil perdana ujicoba itu, menghasilkan udang dengan size 40-50 cm. Udang yang rasanya manis itu masih terus dilakukan ujicoba sehingga bisa panen sesuai dengan yang diharapkan yakni 3-4 bulan.

Usai meninjau panen perdana, Bupati PAS berkesempatan mencicipi hasil tangkapan. Bupati yang juga gemar memasak dan makan udang itu, langsung memasak udang dari membuat bumbu sampai merebus udang yang direndam dengan wine merah. Setelah matang semua ikut menikmati masakan itu dengan gembira.

Share Post :