Kajari Singaraja Gelar Test IVA

  • admin_bulelengkab
  • 16 Oktober 2017
  • Dibaca: 166 Pengunjung

Kejaksaan Negeri Singaraja menunjukan kepeduliannya pada kesehatan masyarakat Buleleng, khususnya kaum ibu. Kepeduliannya dilakukan melalui pemberian pemeriksaan gratis test IVA untuk mendeteksi dini kanker serviks dan payudara. Kegiatan yang berlangsung di kantor Kajari Singaraja,13/10, dibuka oleh Ka Kajati Bali, Jaya Kesuma, dihadiri oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Wakil Bupati Nyoman Sutjidra serta Ketua DPRD Buleleng Gde Supriatna dan undangan lainnya.

Ka Kajati Bali dalam sambuatnnya mengatakan, peserta test IVA diikuti oleh 1200 peserta dengan dokter yang menangani mencapai 150 dokter. Semua itu dapat berlangsung berkat dukungan Pemkab. Buleleng yang digerakan oleh organisasi ibu-ibu Kajari Singaraja. Ditambahkan, kegiatan IVA test dan Mamografi tidak hanya dilakukan di Kajari Singaraja, juga di Kajari lainya di Bali, keuali di Karangasem karena kondisinya belum memungkinkan. Untuk menampung peserta IV test, disiapkan 25 bilik test yang memanfaatkan ruang-ruang di kantor Kajari serta menggunakan mobil khusus untuk pemeriksaan.

Bupati Buleleng mengatakan kegiatan test IVA  yang digelar oleh Kajari Singaraja sangat membantu mewujudkan kesehatan di Buleleng, khususnya kaum ibu. Dijelaskan juga, Pemkab.Buleleng setiap tahunnya, sudah mencanangkan melakukan pemeriksaan test IVA sebanyak 10 persen. 

Kegiatan deteksi dini kanker rahim, sesuai dengan harapan  Ibu Negara Nyonya Iriana Joko Widodo yang sudah dicanangkan 21 April 2015 di Puskesmas Kulonprogo DIY. (st)

Share Post :