Fessensaw “Dalam Seni Cinta Bersemai” Resmi Dibuka

  • Admin Bulelengkab
  • 03 Oktober 2018
  • Dibaca: 238 Pengunjung

Gelaran Festival Seni Sawan (Fessensaw) Tahun 2018 bertemakan “Dalam Seni Cinta Bersemai” resmi dibuka oleh Bupati Buleleng yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten di Panggung Terbuka Pantai Kerobokan, Rabu (3/10).

Fessensaw “Dalam Seni Cinta Bersemai” merupakan pelaksanaan yang ketiga kalinya oleh Pemerintah Kecamatan Sawan selama lima hari mulai dari tanggal 3 - 7 Oktober 2018. Dalam laporan Camat Sawan yang diwakili oleh Sekretaris Camat I Gede Arya Suardana diterangkan bahwa tema Fessensaw “Dalam Seni Cinta Bersemai” menyimpan harapan besar semakin tumbuhnya cinta terhadap seni budaya maka akan bersemai insan-insan yang berprestasi.  Selain itu, Arya Suardana juga menyampaikan tujuan diselenggarakannya Fessensaw adalah untuk menumbuh kembangkan segala potensi yang ada di desa-desa di Kecamatan Sawan. Dan yang paling membanggakan adalah Fessensaw telah bersemai di desa-desa, antara lain Sinabun Festival dengan pagelaran joged sinabun “Jati Mule” dan Festival Seni Sudaji dengan pagelaran gong angklung kebyar  yang diselenggarakan pada Bulan Agustus 2018. 

Sementara, Bupati Buleleng yang hadir dalam kesempatan itu dalam keadaan kurang sehat menunjuk Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP membacakan sambutanya. Disampaikan beberapa hal penting terkait Fessensaw, antara lain bahwa warisan seni budaya merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Bali, dan wajib kita jaga dan lestarikan. Khusus pada gelaran Fessensaw, Bupati Putu Agus Suradnyana memberikan apresiasi setinggi-tingginya, karena selain mengenalkan dan mempromosikan kesenian Kecamatan Sawan, juga telah mampu memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus menggerakan roda perekonomian sehingga tujuan mensejahterakan masyarakat dapat tercapai. Selain itu, diminta kepada pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat untuk bergandengan tangan dalam menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada. Kebersamaan sangat penting dikedepankan dalam membangun daerah  yang lebih baik dan maju. 

Selanjutnya, Sekretaris Dewa Puspaka didampingi Sekcam Arya Suardana, Perbekel Desa Kerobokan Putu Wisnu Wardana membuka Fessensaw Tahun 2018 secara resmi yang ditandai dengan pemukulan gong. (Agst).



Share Post :