Duapuluh Sembilan Kelurahan/Desa Telah Terima BLM

  • Admin Bulelengkab
  • 24 Oktober 2012
  • Dibaca: 1037 Pengunjung

Untuk menanggulangi kemiskinan di perkotaan, sebanyak dua puluh sembilan kelurahan dan desa di Kecamatan Buleleng telah menerima Bantuan Langsung Masyarakat ( BLM) dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan ( PNPM-MP).  Program yang bergulir sejak tahun 2007 ini hingga tahun 2012 telah mengucurkan BLM sebanyak Rp.21.43 Milyar. Demikian dikatakan Bupati Buleleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Bappeda Buleleng Gede Suyasa pada hari rabu (24/10) di ruang unit IV kantor Bupati ketika membuka Lokakarya Review PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Buleleng Tahun 2012.

     Lebih jauh Bupati meminta PNPM – MP sebagai proses pemberdayaan masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan seharusnya disikapi secara bijak oleh masyarakat di wilayah sasaran, karena pengelolaannya dan pelaksanannya serta pengendaliannya dilakukan oleh masyarakat. Pemerintah hanya sebagai fasilitator denagn dukungan fasilitas maupun pembinaan dalam pengelolaannya.

    Sebelumnya dilaporkan tujuan lokakarya antara lain terwujudnya kerjasama anatara pihak SKPD dan pihak peduli dalam meningkatkan taraf kehidupan yang layak bagi keluarga miskin. Kemudian keluarannya diharpkan antara lain adanya rekomendasi kepada steakholder baik pusat maupun daerah untuk pendampingan program ke depan. Lokakarya diikuti 82 orang peserta dari unsure anggota DPRD Komisi D, Satker PIP Provinsi Bali, Dinas terkait, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, KBP,PJOK,BRI,BKM dan LSM.(st)

Share Post :