Dua Ratus Tukik Dilepas Dalam Pembukaan LOVFEST 2017

  • admin_bulelengkab
  • 14 September 2017
  • Dibaca: 273 Pengunjung

Pelestarian penyu terus dilakukan di Buleleng. Terkait ini ratusan anak penyu atau tukik sudah dilepas di beberapa pantai. Kali ini pelepasan tukik dilakukan dalam pembukaan Lovina Festival 2017, di pantai Bina Ria Lovina,14/9. Sebanyak dua ratus tukik dilepas, diantara oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Wakil Bupati Nyoman Sutjidra, Ketua PHRI Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati serta undangan lainnya dari Kementerian Pariwisata serta perwakilan peserta SAIL Indonesia.

Gubernur berharap semua tukik yang dilepas dapat hidup. “ Tapi seratus saja yang hidup dan besar menjadi penyu,itu sudah luar biasa,” katanya sembari mengucapkan doa kecil agar tukik yang dilepas itu terus hidup.

Turut hadir dalam pembukaan itu, anggota DPR dapil Bali, Dr. Wayan Koster serta pimpinan OPD Buleleng dan juga Ketua TP.PKK Buleleng Nyonya Aries Suradnyana dan Wakilnya Nyonya watdhani Sutjidra.

Setelah melepas tukik, acara pembukaan dilanjutkan dengan atraksi parade budaya yang berlangsung di depan tugu lumba-lumba. Atraksi selama dua jam ini menyajikan aneka potensi budaya dan kesenian dari desa-desa penyangga kawasan Lovina.

Perhelatan Lovina Festival dikaitkan dengan event SAIL Indonesia. Peserta penjelajah keindahan Indonesia menggunakan perahu jenis Yacht sebanyak 180 peserta. Sejumlah kapal-kapalnya sudah berlabung di pantai Lovina.

Perwakilan peserta SAIL Indonesia, dalam sambutannya, mengatakan rasa harunya atas sambutan dari masyarakat Buleleng terhadap peserta SAIL Indonesia, dan mengharpkan mereka akan memeperlakukan mereka sebagai keluarga sendiri karena dalam lawatannya mengunjungi sejumlah pulau di Indonesia mereka berpisah dengan keluarga selama berbulan-bulan. 

Sementara itu perwakilan Kementerian Pariwisata mengatakan untuk pariwisata di Buleleng, objek wisata lovina dijadikan ikon secara berkelanjutan. Hal ini disebabkan nama Lovina suah dikenal luas ke mancanegara dengan ombaknya yang tidak ganas, serta keindahan pemandangan di kawsan Lovina.

Untuk mendukung Lovina Festival dibangun dua panggung dengan aneka hiburan sampai hari penutup tanggal 18 September.(st)


Share Post :