Diskominfosandi Buleleng Sosialisasikan Penggunaan OSS

  • admin_bulelengkab
  • 24 November 2017
  • Dibaca: 185 Pengunjung

Ajakan memakai software program legal terus dilakukan oleh Diskominfosandi Buleleng. Untuk tahun ini, kegiatannya berlangsung di Gedung Laksmi Graha, 23/11, diikuti oleh perwakilan atau perbekel dan lurah seluruh Buleleng, dibuka oleh Assiten III Setda, Drs. Ketut Asta Semadi.

Dalam sambutannya, Bupati Buleleng yang diwakili Asta Semadi mengatakan Hak Atas Kekayaan Intelektual, kurang mendapat perhatian di masyarakat.Hal ini dibuktikan dengan masih banyakanya penggunaan software bajakan, yang tidak hanya di masyarakat juga di instansi pemerintah. Terkait ini, Bupati meminta agar para peserta atau perbekel sebagai engambil keputusan di desa, dalam pengadaan komputer yang baru agar memakai perangkat lunak atau software legal atau memakai Free Open Source Software yang berlisensi bebas. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Sebelumnya Kadis Kominfosandi Buleleng, Dr.Drs.Ketut Suweca,MSi. melaporkan sosialisasi bertujua untuk memberikan pemahaman terhadap Perbekel, Lurah dan aparatur desa terhadap Open Source Softwere(OSS). OSS ini dapat diperoleh secara gratis dengan mengunduhnya di internet, untuk dijadikan alternatif dalam pembelian komputer. Hal ini sesuai dengan SE Menteri Komunikasi dan Informatika RI No.05/SE/M.KOMINFO/10/2005 Tentang Pengunaan dan Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal di Lingkungan Pemerintah dan SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.SE/01/M.PAN/3/2009 Tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan OSS.

Narasumber dalam sosialisasi itu adalah relawan TIK Bali,yaitu, I Gede Putu Krisna Juliharta ST.,M.T. dan I Gusti Agung Lanang Raditya S.Pd.,M.T. (st) 


Share Post :