BUPATI HARAPKAN ADANYA INOVASI DAN KREATIFITAS

  • admin_bulelengkab
  • 02 November 2017
  • Dibaca: 205 Pengunjung

Inovasi dan kreatifitas diyakini dapat meningkatkan hasil pembangunan di Buleleng. Untuk itu Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana meminta setiap pimpinan SKPD Buleleng melakukan inovasi dan kreatifitas dalam membuat kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Kerja SKPD Tahun Anggaran 2018. Demikian antara lain arahannya dalam Rapat Koordinasi Rencana Kerja SKPD Tahun 2018, di aula hotel Banyu Alit, 30/10, yang dihadiri Wakil Bupati Nyoman Sutjidra, Sekda Buleleng serta semua pimpinan SKPD dengan semua pejabat eselon III.

Dalam penyusunan RK SKPD, Bupati tidak mau pimpinan SKPD melalukan copy paste kegiatan seperti  sebelumnya.  Untuk itu perlu adanya monev dari kegiatan sebelumnya. “Kalau ada yang gagal jangan dilanjutkan lagi,” tegasnya. Sedangkan bagi program yang berhasil diminta bagaimana ke depan mengembangkannya. 

Salah satu yang dicontohkan untuk dipikirkan pengembangannya pengembangan perkebunan kelapa di tanah milikPemkab.Buleleng. “ Di Thailand, kebun kelapa tertata baik dengan pengairannya yang diatur sedemikian rupa. Buahnya mudah dipetik untuk diminum. Sedangkan disini pohon kelapa tinggi-tinggi tanpa perawatan, memetik terkadang sulit karena terlalu tinggi. Ini harus dipikirkan karena ada hasil penelitian air kelapa baik untuk diminum karena dapat meningkatkan kesehatan,” ucapnya.

Contoh lainnya, adalah pengembangan tanaman cengkeh. “ Tanaman cengkeh akarnya dipermukaan, tapi kalau dengan pola grafting dengan tanaman tertentu akan membuat pohon cengkeh akarnya masuk ke dalam sehingga tidak merusak lingkungan. Ini yang perlu diperkenalkan kepada petani cengkeh. Ajak mereka melihat petani yang sudah berhasil melakukan pembibitan pola grafting itu,” pesan Bupati yang gemar bertani dan belusukan ke desa-desa melihat pertanian. 

Pengarahan selama satu jam itu, Bupati juga mengingatkan agar SKPD harus saling mengalah dalam menyusun kegiatan sesuai tupoksi SKPD.  Untuk ini diminta agar para Asisten pro aktif mengkondisikan semua ini.  (st) 


Share Post :