Buleleng Raih Penghargaan Dari Kementerian PU

  • Admin Bulelengkab
  • 11 Maret 2012
  • Dibaca: 1073 Pengunjung

Penghargaan Tingkat Nasional dari Kementerian Pekerjaan Umum kembali diraih Pemerintah Kabupaten Buleleng di penghujung Januari ini. Penghargaan peringkat dua dari 398 kabupaten se-Indonesia itu berdasarkan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah di Bidang  Pekerjaan Umum (PKPD-PU) tahun 2011. Penyerahannya dilakukan oleh Perwakilan dari Kementerian PU Pusat yang diwakilkan kepada Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran Serta Masyarakat Ir. Graita Sutadi, MSC kepada Bupati Buleleng Drs. Putu Bagiada, MM di Loby Halaman Kantor Bupati pada hari Rabu (25/1).
Dalam sambutannya, Bupati Buleleng mengatakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PU merupakan wujud konkrit dari Keberhasilan Pemerintah dan Masyarakat Buleleng dalam Penyelenggaraan Pembangunan dan Pelayanan pada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan capaian Kinerja Penyelenggaraan Pemukiman. Penghargaan ini  lanjut Bupati, merupakan cambuk bagi masyarakat Buleleng, khususnya SKPD terkait untuk semakin meningkatkan kinerja pembangunan ke Cipta Karya sehingga masyarakat merasa nyaman dan damai berada di lingkungan permukimannya.
Sementara itu, dari Kementerian PU Pusat menjelaskan penghargaan tersebut merupakan sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berhasil menunjukkan kinerja yang memadai di Bidang PU terutama dalam pelayanan umum kepada masyarakat, mendorong Pemerintah Daerah lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat  dibidang PU, penghargaan ini diberikan dengan menyeleksi seluruh pemerintah daerah khusus di bidang cipta karya, penilaian dilakukan oleh para pakar pengamat pemukiman, perguruan tinggi dan asosiasi profesi tentang unsur cipta karya yang terdiri atas direktorat pengembangan air minum, direktorat pengembangan penyehatan lingkungan pemukiman, direktorat pengembangan pemukiman, dan direktorat penataan bangunan. Yang dinilai adalah komponen air minum, komponen sanitasi yang meliputi drainase-persampahan dan air limbah, penilaian kumuh perkotaan, penataan pemukiman perdesaan, dan pembinaan bangunan gedung yang dinilai aspek perencanaan, program, peraturan atau kelembagaan, keterlibatan masyarakat, dan lembaga non pemerintah serta hasil-hasil penyelengaraan pemukiman yang telah dicapai selama ini.
Point penting yang diraih Buleleng, lanjutnya, adalah Komitmen Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam menangani masalah permukiman di wilayahnya. Komitmen ini ditunjukkan dalam berbagai hal yang mendukung penyelenggaraan antara lain: pertama, sejumlah produk perencanaan digunakan untuk menangani pemukiman, sebagai ketahanan pangan pengawasan pembangunan dilakukan secara ketat mengacu pada RTRW Kabupaten Buleleng. Kedua, keberadaan Perda dalam pemukiman telah mendorong perkembangan sektor pemukiman yang didanai secara swadaya oleh swasta. Ketiga, pembangunan perumahan di Buleleng selalu dikaitkan dengan tiga sasaran pembangunan yaitu pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, dan angka kemiskinan.
Keempat, keterbatasan anggaran sektor perumahan, justru mendorong Pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan strategi yang tepat diantaranya meminimalisasi kawasan tak layak huni melalui program TPST dengan menerapkan Green Development melalui pengembangan desa sadar lingkungan. Selain itu, di bidang pelayann air minum sangat tinggi ditunjukkan dengan ditangani pelayanan air minum pedesaan dengan sistem kualitas distribusi air minum selalu dimonitor dengan alat teknologi khusus, sehingga Buleleng meraih penghargaan berturut-turut di bidang pelayanan air minum yang bersih dan sehat.
Turut hadir dalam pemberian penghargaan yang membanggakan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Buleleng itu sejumlah undangan penting antara lain Wabup Buleleng Drs. Arga Pynatih, MSi, unsur Muspida, Sekda Buleleng serta sejumlah pimpinan SKPD diantaranya Kadis Kominfo IB. Suadnyana, SH, MSi. (reka/adt)

Share Post :