Bondres Kominfo Di Bonting

  • Admin Bulelengkab
  • 19 Oktober 2012
  • Dibaca: 803 Pengunjung

 Peran kesenian tradisonal dalam mensosialisasikan pesan-pesan pembangunan masih diperlukan oleh masyarakat pedesaan. Melalui pertunjukan yang segar dan komunikatif masryarakat tidak hanya mendapat informasi juga menyemai hiburan yang mengocok perut sehingga informasi yang diharapkan diceran dapat terhayati dengan baik. Demikian dikatakan Camat Kubutambahan Drs. Komang Sumertajaya usai menonton pertunjukan kesenian Bondres dari Diskominfo Buleleng pada hari Kamis malam (18/10) di gedung Serba Guna Desa Bontiing Kecamatan Kubutambahan.

 Pendapat senada disampaikan oleh Perbekel Bontiing, Gede Rasa. Menurutnya, bukti  masih disukainya pertunjukan rakyat sebagai media informasi terlihat dari masih bertahannya penonton hingga akhir pertunjukan. “ Betul-betul segar. Kami berharap ke depannnya pertunjukan seperti ini diulang sehingga masayarakat lebih termotivasi dalam melaksanakan program-program pembangunan, “ ujarnya.

  Sebelum pertunjukan dimulai Kadis Kominfo Buleleng Drs. I Ketut Suweca MSi menjelaskan pertunjukan Bondres yang dipersembahkan oleh SKPD yang dimpimpinnya memang ditujukan untuk mensosialisasikan program-program pembangunan. Adapun pesan yang disampaikan malam itu adalah Pemilihan Gubenur Bali tahun 2013, E – KTP dan jauhi Narkoba , HIV/AIDS. Rencananya pertunjukan ini akan keliling Buleleng di sembilan kecamatan yang menyasar desa-desa di pelosok.
 

 Dihadapan ratusan penonton, Bondres yang dimpimpin oleh Nyoman Sujana tampil tak kurang dari dua jam. Seperti yang diharapkan, mereka mampu mengocok perut penton sembari memasukan pesan-pesan pembangunan.(st)

Share Post :