Berbagi Pengalaman Entrepreneurship Di Unipas

  • Admin Bulelengkab
  • 23 Oktober 2012
  • Dibaca: 1081 Pengunjung

Masih langkanya pelaku wirausaha di Kabupaten Buleleng mendorong Univesitas Panji Sakti ( Unipas ) mengundang Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana ST untuk berbagi pengalaman di kampus setempat di jalan Bisma Singaraja pada hari Selasa (23/10). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Unipas juga dari perguruan tinggi swasta lainnya. Dalam sarasehan sehari itu, Bupati yang juga pengusaha sukses ini mengajak mahasiswa untuk mengembangkan jiwa entrepreneur sejak mahasiswa. Terkait itu diharapkan kuliah tentang kewirausaaan di Unipas diberikan secara lengkap dan tuntas.

Bupati Putu Agus Suradnyana yang sebelum menjadi Bupati adalah wirausahawan  sukses yang dirintis dari bawah. Hal itu dilakukan sejak mahasiswa Fakultas Tehnik UNUD. Mobil pertama saya, ceritanya, dalam berwirausaha sebagai pemborong bangunan hotel  adalah mobil tua Datsun. Kini mobilnya sudah berganti menjadi mobil mewah, sedangkan mobil tua Datsunnya disimpan, dan tetap dirawat  karena jasanya yang besar disaat-saat merintis usaha.

Selain menceritakan pengalaman entrepreneurnya, Bupati Putu Agus Suradnyana juga membagi ilmunya. Menurutnya seorang wirausahawan harus memiliki 10 dasar, yakni: visioner (berpikir ke depan), positive thinking (berpikir positif), confident ( percaya diri), genuine (original), goal oriented ( berorientasi pada tujuan dan hasil), tahan uji, ready to face a risk ( siap mengadapi resiko), creative (keratifmelihat dan menciptakan peluang), heality competitor ( menjadi pesaing yang baik) dan democratic leader ( pemimpin yang denmokratis, teladan dan inspirator).

Sebelumnya Rektor Unipas menjelaskan tujuannya mengadakan sarasehan sehari dengan tema " Membangun Jiwa Entrepreneur , Berbagi Pengalaman Dengan Putu Agus Suradnyana,ST" ini bertujuan untuk menimba ilmu kewirausahaan dari seorang praktisi sehingga nantinya para mahasiswa dapat menciptakan lapangan kerja.(st)

Share Post :