BEC dan Pawai Pembangunan Dibuka Ibu Megawati

  • admin_bulelengkab
  • 05 Agustus 2017
  • Dibaca: 379 Pengunjung

Buleleng Endek Carnaval digelar sore,5/8, di sepanjang jalan Ngurah Rai. Kegiatan ini secara kehormatan dibuka oleh Ibu Megawati Sukarno Putri, Presiden RI ke-5 dengan memukul kendang. Sesudah menyajikan ratusan kreasi model endek, dilanjutkan dengan  Pawai Pembangunan yang diikuti oleh perwakilan sembilan kecamatan, OPD dan BUMD.

Carnaval endek dengan tema “Moon Light” diawali dengan pertunjukan fragmen perlawanan rakyat Jagaraga ketika menghadapi agresi kolonial Belanda. Fragmen ini dimaksudkan sebagai pengingat semangat kepahlawanan yang harus dilanjutkan dalam menghadapi suatu tantangan. Kemudian dilanjutkan dengan carnaval  dari 21 peserta yang tampil dengan berbagai kreasi yang menarik. Tampilan demi tampilan itu, menurut Ketua Panitya,Ir. Gde Darmaja,M.Si. dari 21 peserta, sebanyak 19 merupakan peserta lokal, sedangkan 2 peserta partisipasi dari luar Buleleng. Mengenai tema, "Moon Light" bermakna sebagai perlambang hadirnya Sang Hyang Candra yang menyinari alam semesta beserta isinya tanpa pilih kasih. Harapannya, endek Buleleng dapat diterima, dicintai,dan menjadi kebangaan masyarakat Buleleng.

Sementara itu, Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Nyoman Sutjidra mengatakan perkembangan endek Buleleng masih harus terus diperhatikan. Diusulkan agar adanya disversifikasi produk serta promosi harus ditingkatkan.” Berikan Pilihan yang bervariasi kepada konsumen,baik dari segi motov maupun harga,” tegasnya. Diyakini jika hal tersebut dilakukan, endek Buleleng akan dapat memasuki semua segmen pasar.

Turut mendampingi Ibu Megawati memukul kendang, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana serta Wakil Bupati, Sekda, Ketua Panitya, Nyonya Aries Suradanyana dan Nyonya Wardhani Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng Gde Supriatna, Bupati Badung Giri Prasta, dan Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama.(st)


Share Post :