Bagian Hukum Setda Buleleng Gelar Penyuluhan Hukum di Sembilan Desa

  • admin_bulelengkab
  • 09 November 2017
  • Dibaca: 102 Pengunjung

Bagian Hukum Setda Buleleng menggelar kegiatan Penyuluhan Hukum ke sembilan desa di sembilan Kecamatan. Desa yang pertama disasar adalah Desa Menyali Kecamatan Sawan. Betempat di wantilan desa, penyuluhan itu berlangsung tanggal 7/11, dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari Polres, Kejaksaan, dosen hukum Universitas Panji Sakti, Dinas Capil, dan Dinas LH Buleleng. Sebagai selingan dari penyuluhan itu dihibur dengan kesenian bondres Sunari Bajra.

Terungkap dalam penyuluhan yang berlangsung dari pukul 19.00  sejumlah materi yang disampaikan. Dari Polres mengingatkan bahwa narkoba sudah mulai masuk ke desa-desa. Untuk itu diminta warga mewaspadainya, karena pengedar dan pengguna sama-sama melanggar hukum. Dari Dinas LH, menyampaikan materi perlunya ijin lingkungan bagi pengusaha yang bersentuhan dengan lingkungan. Dari Capil mengingatkan perlunya warga memiliki KTP bagi yang berusia 17 tahun ke atas, sedang bagi anak dari 1 sampai 17 tahun kurang sehari harus memiliki Kartu Identitas Anak. Materi yang mendapat banyak pertanyaan adalah soal tanah yang disampaikan oleh Dosen dari Universitas Panji Sakti.

Penyuluhan hukum, jelas Kabag Hukum Bagus Gede Berata, merupakan program tahunan sesuai dengan agenda 12 PAS dari point 9 yaitu Penegakan Hukum,Ketentraman dan Ketertiban. Kegiatan berlangsung sampai tanggal 28 Nopember.(st)

Share Post :