300 Bibit Bakau Ditanam

  • Admin Bulelengkab
  • 22 Oktober 2012
  • Dibaca: 1237 Pengunjung

Peduli pada pelestarian hutan Bakau ditunjukan oleh Pemuda Peduli Lingkungan dengan cara melakukan penanaman bibit pohon Bakau sebanyak 300 bibit di Desa Pejarakan Gerokgak pada hari Jumat lalu (19/10). Turut serta dalam penanaman itu Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra Sp.OG. Dalam kesempatan itu Wabup akan menindak tegas jika masih ditemukan oknum yang merabas hutan Bakau untuk kepentingan pribadi. Terkait itu Wabup merencanakan akan membuat Perda untuk melindungi kawasan Mangrove.

 Kepedulian pada hutan Bakau patut dipuji sebab diperkirakan hampir 60 % dari 30 Ha kawasan Mangrove di desa Pejarakan dibabat dijadikan lahan hak milik perseorangan. Hal ini disampaikan Perbekel Pejarakan Made Suwita usai penanaman Bakau. Alih fungsi lahan itu, katanya, terjadi sejak tahun 1982 saat berlakunya Proda- Permohonan Sertifikat Daerah. Terakhir tahun 2010 sekitar 10 hektar hutan bakau dibabat, ujarnya kesal.

  Perihal akan dibuatnya Perda perlindungan kawasan Mangrove mendapat respon baik dari Ketua Komisi B mangku Budiasa dan mengatakan lembaga DPRD Buleleng akan menyusun dan merancang Perda dimaksud untuk melindungi konvervasi alam.

 Sejumlah pejabat SKPD turut serta melakukan penaman Bakau.(st)

Share Post :