Piodalan Ageng II Pura Jagatnatha Buleleng Digelar

  • Admin Bulelengkab
  • 22 Juli 2013
  • Dibaca: 1543 Pengunjung

Piodalan Ageng II Pura Agung Jagatnatha Buleleng digelar pada purnama kaesa saka warsa 1935. Puncak piodalan digelar hari Selasa (22/07) yang dihadiri antaralain Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Muspida,Kelihan Desa Pakraman Buleleng, dan para pemangku.
Dalam kesempatan itu Bupati Putu Agus Suradnyana dan Wakil Bupati dr.Nyoman Sutjidra sebagai pimpinan tertinggi di Pemerintahan Kabupaten Buleleng bersama Sekda,Ibu Bupati dan Wakil dilibatkan dalam prosesi Eedan Upacara Mapeselang.
Pura Jagatnatha yang berdiri di tengah kota telah melaksanakan upacara ngenteg linggih tahun 1993. Kini setelah berdiri 20 tahun, sesuai Purana Agung Jagatnatha, bahwa setiap 10 tahun dilaksanakan Piodalan Ageng, karena itu piodalan sekarang dinamakan Piodalan Ageng ke II, dimana setelah acara puncak dilakukan acara nyejer selama 9 hari. Dalam nyejer piodalan itu, tia-tiap kecamatan akan melakukan ngaturang penganyar secara bergantian sebagai cermin bahwa Pura Agung Jagatnatha Buleleng sebagai Pura Jagatnya Buleleng.
Usai mengikuti upacara di Purajagatnatha, Bupati bersama Wakil Bupati dan jajarannya melakukan persembahyangan di Pura Desa Buleleng.(st) 

Share Post :