Perlu Peta Potensi Jenis Pohon Yang Cocok di Buleleng

  • Admin Bulelengkab
  • 05 Januari 2013
  • Dibaca: 1711 Pengunjung

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menamaman Nasional dan Gerakan Menanam Menuju Hutan Lestari Tk. Buleleng 2012 digelar di kawasan Pura Bukit Pucuk Bang Desa Bontiing Kecamatan Kubutambahan pada hari Jumat pagi (7/12). Dalam kegiatan itu , Bupati Buleleng Ir.Putu Agus Suradnyana  ST. menanam pohon cempaka putih. Sedangkan pohon lainnya yang rencananya akan ditanam mencapai satu juta lebih itu berjenis pohon jati, sengon, gamelina dan jambon.

Sebelum menanam pohon, Bupati mengaku senang melihat orang menanam pohon, karena itu dari sejumlah agenda acara pada hari itu, Bupati memilih menghadiri acara gerakan menanam pohon.

Dikatakan juga, penanaman pohon akan memberikan dampak pengurangan pemanasan global yang timbul akibat ulah manusia yang melakukan keruskan lingkungan. Pemanasan global menimbulkan cuaca ekstrem yang mengganggu ketersediaaan air, ekosistem, banjir juga kekeringan. Terkait itu Bupati menyambut baik kegiatan penanaman semiliar pohon .

Namun demikian agar penanaman pohon itu mendapat manfaat lebih, Bupati berharap agar ke ke depannya Dinas Kehutanan dan Perkebunan Buleleng memetakan jenis pohon serta asas manfaatnya bagi masyarakat yang cocok ditanam di Buleleng. Dengan mengetahui pohon-pohon yang cocok ditanam di Buleleng, jelas Bupati, tak hanya membuat hutan lestari juga memberikan dampak pada perkembangan perekonomian masyarakat. Karena itu diminta agar penanam pohon jangan hanya ikut-ikutan, harus disesuaikan dan diperhitungan dampaknya bagi perkonomian masyarakat sehingga gerakan penanaman semilyar pohon akan tercapai dengan baik.
Kadis Kehutanan dan Perkebunan Buleleng Ir.Ketut Nerda dalam laporannya menyatakan gerakan menanam secara nasional berlangsung pada tanggal 28 Nopember lalu yang dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau kawasan Bandara Soekarno Hatta Kabupaten Tanggerang yang dipimpin oleh Presiden RI, sedangkan untuk propinsi Bali akan dilakukan 15 Desember mendatang di bendungan Palasari Kabupaten Jembrana. Maksud gerakan penanam satu milyar pohon menuju hutan lestari merupakani sarana edukasi peningkatan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon, mengajak menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan untuk mengantisipasi perubahan iklim sekaligus memelihara hutan. Sasarannya diharapkan dapat menciptakan seluruh lahan yang tersedia menjadi hijau sehingga memberikan perlindungan dan estetika serta hasil ekonomi bagi masyarakat, dan yang terpenting gerakan ini menjadi gerakan budaya dan sikap hidup masyarakat.
Dalam kesempatan itu diumumkan para pemenang lomba yang diraih oleh Kelompok Tani Penghijauan Tukad Sumaga Kecmatana Gerokgak  juara I, Kelompok Tani Penghijauan Br. Dinas Dauh Muluk Bungkulan Kecamatan Sawan  juara II, Kelompok Tani Penghijaun Sejahtera Br. Dinas Kauh Desa Bondalem Kecamatan Tejakula juara III, dan Made Mustafa dari Desa Pengulon Kecamatan Gerokgak sebagai PKL Teladan Tk.Kabupaten Bulelng tahun 2012 . Para juara ini mendapat uang dan piagam serta berhak maju mewakili Kabupaten Buleleng  mengikuti lomba di Tingkat Propinsi.
Terhadap para pemenang, Bupati Putu Agus Suradnyana memberikan hadiah tambahan berupa bansos, sedangkan Penyuluh Teladan diberikan uang  pribadi Buoati sebanyak Rp.2 juta.
Turut menghadiri kegiatan itu sejumlah pimpinan SKPD, KPH Bali , kalangan TNI dan Polri, Pramuka dan masyarakat setempat.

Share Post :